Tujuan Program Studi dan Keluaran

Tujuan Program Pendidikan

Program Magister Teknik Industri UNPAR berharap lulusannya:

  1. Menjadi seorang Teknik Industri yang memiliki kemandirian dalam belajar dan kreatif.
  2. Menjadi seorang Teknik Industri yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan dan menerapkan keilmuan teknik industri di berbagai sektor industri.
  3. Menjadi seorang Teknik Industri yang siap melanjutkan pendidikan akademis atau profesional ke jenjang yang lebih tinggi.

Keluaran Mahasiswa

Keluaran mahasiswa Program Magister Teknik Industri UNPAR diformulasikan untuk mencapai tujuan program pendidikan. Berikut adalah keluaran mahasiswa yang diharapkan:

  1. Mampu menggunakan pendekatan-pendekatan perbaikan efisiensi dan mutu rancangan pada sistem terintegrasi.
  2. Mampu membuat rancangan eksperimen untuk menentukan paramater rancangan.
  3. Mampu menggunakan pendekatan sistem untuk mengkarakterisasi sistem dan membuat model matematika dari hasil karakterisasi tersebut
  4. Mampu menjelaskan isu-isu terkini pada bidang ekonomi, lingkungan, sosial, dan budaya dalam persoalan perancangan sistem terintegrasi
  5. Mampu menyelesaikan masalah rekayasa industri dan perancangan suatu sistem terintegrasi dengan memanfaatkan bidang ilmu lain secara interdisiplin atau multidisiplin, serta dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan kelestarian lingkungan.
  6. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang perancangan, pengoperasian, dan perbaikan sistem terintegrasi untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  7. Mampu memformulasikan ide-ide baru (new research question) dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan teknologi perancangan, pengoperasian, perbaikan dan instalasi sistem terintegrasi.
  8. Mampu mengkritisi dan memberikan masukan perbaikan dari sudut pandang rekayasa sistem terintegrasi terhadap kebijakan penyelesaian masalah sistem industri yang telah dan/atau sedang diterapkan, dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah.
  9. Mampu berpartisipasi dalam pembangunan industri berdasarkan kemampuan menganalisis, mengambil keputusan, dan memecahkan masalah berdasarkan keilmuan Teknik Industri.
  10. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara.
  11. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  12. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  13. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  14. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  15. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  16. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
  17. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.