Silabus Magister Teknik Sipil

Mata Kuliah Pilihan

Penyelesaian Sengketa Kontrak (SME633) – 3 sks
Prasyarat:
Penyelesaian Sengketa Kontrak

Teknik Pengambilan Keputusan (SME613) – 3 sks
Prasyarat:
Teknik Pengambilan Keputusan

Sistem Informasi Teknologi (SME623) – 3 sks
Prasyarat:
Sistem Informasi Teknologi

Manajemen Bencana Alam (SUE613) – 3 sks
Prasyarat:
Manajemen Bencana Alam

Perancangan Eksperimen (SUE543) – 3 sks
Prasyarat:
Menyusun rancangan suatu eksperimen, Eksperimen dengan suatu faktor, Randomized blok design, Latin square design, Eksperimen faktorial, Faktor-faktor kualitatif dan kuantitatif.

Sistem Pengelolaan Irigasi (SAE513) – 3 sks
Prasyarat:
Pendahuluan ( pengertian Sistem, Pengelolaan, dan Irigasi ).Ketentuan dan peraturan pemerintah.Sumberdaya alam dan Sumberdaya Air (Tanah, air, energi, hutan, tambang ).Pemanfaatan Curah hujan, Infiltrasi, Evaporasi dan Evapotranspirasi dalam Irigasi.Rumusan Ketersediaan dan Kebutuhan Air Irigasi.Kelembagaan dan pemantauan.Pengenalan teori sistem.Simulasi desain sistem, dan analisis sistem.Model Springer.Manajemen Konflik.Analisis Keputusan.Evaluasi Sistem Pengelolaan.Korporasi Finansial Pasokan Air.

Analisis dan Desain Sistem Teknik Sipil (SAE523) – 3 sks
Prasyarat:
Analisis dan Desain Sistem Teknik Sipil

Air Tanah dan Rembesan (SAE613) – 3 sks
Prasyarat:
Air Tanah dan Rembesan

Perancangan Struktur Tanah (SGE512) – 2 sks
Prasyarat:
I.  Konsep Dasar Perancangan Struktur Tanah. II.    Sifat-Sifat Teknis Bahan Timbunan Tanah di Indonesia. III.  Kekuatan Geser Tanah. IV.   Petunjuk Sederhana Dalam Studi Kestabilan Lereng. V.     Desain Bendungan Tipe Urugan. VI.   Peran Instrumen Pemantau Dalam Evaluasi Keamanan Bendungan Tipe Urugan.

Interaksi Tanah Struktur (SGE523) – 3 sks
Prasyarat:
Masalah interaksi tanah dan pondasi.Idealisasi dan pemodelan untuk analisis interaksi tanah-struktur.Analisis untuk balok menerus di atas pondasi elastis.Analisis untuk balok menerus di atas pondasi elastis.Analisis untuk finite beam.Analisis struktur dengan matriks untuk balok di atas pondasi elastis.Program CAL.Program CAL.Program SSTAN.Analisis untuk pelat di atas pondasi elastis : aplikasi untuk pondasi rakit.Metode finite difference untuk balok di atas pondasi elastis.Metode elemen hingga untuk pelat di atas pondasi elastis.Metode elemen hingga untuk pelat di atas pondasi elastis. Beberapa contoh penerapan MEH untuk pelat di atas pondasi elastis.Pelat dengan pondasi tiang.Pelat di atas pondasi tiang.

Geoteknik Lingkungan (SGE562) – 2 sks
Prasyarat:
Geoteknik Lingkungan

Teknik Terowongan (DGE572) – 2 sks
Prasyarat:
 Pendahuluan.Penyelidikan Geoteknik untuk Pekerjaan Terowongan.Klasifikasi Tanah dan Batuan untuk Teknik Terowongan.Pengujian In situ untuk terowongan.Terowongan pada Batuan.Mesin Pembor (Tunnel Boring Machines).Stabilisasi Terowongan dan Lining.  Manajemen Material dan Construction Plant  Immerse Tube TunnelSoft Ground TunnelingSistem Terowongan dengan Gali dan TimbunEfek Konstruksi Terowongan Pada Bangunan SekitarKonstruksi Dinding Diafragma

Rekayasa Tanah Lunak (SGE622) – 2 sks
Prasyarat:
Rekayasa Tanah Lunak

Analisis Geoteknik Struktur Lepas Pantai (SGE632) – 2 sks
Prasyarat:
Offshore Gravity Structure.Offshore Pile Foundation.14.   Konstruksi Dermaga & Pelabuhan.                Struktur Cofferdam.Instalasi Pipa Bawah Laut.Stabilitas Dasar Laut.Teknologi Pengerukan.Teknologi Reklamasi Pantai.Investigasi Geoteknik Kelautan.Submarine Soils.Dasar Dasar Struktur Lepas Pantai.Konstruksi Breakwater dan Bangunan Pelindung Pantai.Dasar Dasar Teknik Kepantaian, Gelombang dan Transpor Sedimen.Jenis Struktur Lepas Pantai dan Pertimbangan Geoteknik.

Perancangan Galian dan Penahan Tanah (SGE662) – 2 sks
Prasyarat:
Perancangan Galian dan Penahan Tanah

Sistem Pengelolaan Air Hujan (SPE513) – 3 sks
Prasyarat:
Sistem Pengelolaan Air Hujan

Sistem Pengelolaan Sampah (SPE523) – 3 sks
Prasyarat:
Sistem Pengelolaan Sampah

Dinamika Struktur Lanjut (SSE513) – 3 sks
Prasyarat:
Sistem berderajat kebebasan tunggal (SDOF): Pendahuluan, Getaran bebas dengan dan tanpa redaman.SDOF: Getaran paksa dengan dan tanpa redaman akibat beban sinusoidal, peralihan perletakan.SDOF: Analisis getaran paksa akibat beban dinamik umum secara analitis dan secara numerik, SDOF: Analisis getaran paksa akibat beban periodik dengan deret Fourier.Sistem berderajat kebebasan banyak (MDOF): Menentukan matriks massa dan matriks kekakuan.MDOF: Analisis getaran bebas, menentukan frekuensi alami dan ragam getar dengan cara analitis dan numerik,.MDOF: Evaluasi redaman, viscous damping, hysteritic damping dan rayleigh damping.MDOF: Analisis respons struktur dengan superposisi ragam dan secara simultan.Analisis struktur dengan parameter terdistribusi (DP): Menentukan persamaan dinamik pada balok lentur dan batang aksial.DP: Getaran bebas. Menentukan ragam getar.DP: Analisis getaran paksa.Earthquake engineering: Spektra, Sistem pada pondasi kaku.

Analisis Struktur Lanjut dengan Komputer (SSE522) – 2 sks
Prasyarat:
Konsep desain kapasitas, analisis dinamik, spektrum respons, riwayat waku pada struktur rangka dua dan tiga dimensi, desain komponen struktur dan hubungan pada rangka beton dan baja tahan gempa

Rekayasa Gempa Lanjut (SSE533) – 3 sks
Prasyarat:
Rekayasa Gempa Lanjut

Metode Probabilitas untuk Teknik Struktur (SSE613) – 3 sks
Prasyarat:
Analisis Data.Konsep Dasar Probabilitas.Variabel Acak dan Sifat-sifatnya.Distribusi Probabilitas.Metode Regresi dan Analisis Multivariasi.Analisis Frekuensi Kejadian Ekstrim.Risiko dan Analisis Reliabilitas.

Pelat dan Cangkang (SSE633) – 3 sks
Prasyarat:
Pelat dan Cangkang

Beton Prategang Lanjut (SSE663) – 0 sks
Prasyarat:
Beton Prategang Lanjut

Studi Independen (SUE512) – 2 sks
Prasyarat:
Mahasiswa diberi kesempatan mempelajari suatu materi yang menarik perhatiannya secara mandiri. Mahasiswa didampingi oleh seorang pembimbing. Peran mahasiswa untuk mempelajari materi lebih dominan dibandingkan dengan matakuliah di kelas.

Analisis Numerik (SUE522) – 2 sks
Prasyarat:
Representasi bilangan dan error: Representasi Bilangan Dalam Bilangan Dasar Berbeda, Bilangan dasar 10, Bilangan dasar ß, Sistem bilangan floating-point, Kehilangan angka signifikan. Sistem persamaan linier.Masalah nilai eigen.Review deret Taylor: Deret Taylor formal, Teorema Taylor, Teorema nilai tengah, Teorema Taylor dalam term h, Deret berganti tanda . Interpolasi numerik: Interpolasi Lagrange, Cubic spline.Persamaan diferensial: Metoda deret Taylor, Metoda Euler, Metoda Euler modifikasi, Runge-Kutta, Newmark.Integrasi numerik: Gauss quadrature.

Analisis Dampak Lingkungan (SUE533) – 3 sks
Prasyarat:
Perkuliahan ini membahas aspek-aspek negatif terhadap lingkungan, bentuk-bentuk mitigasi, valuasi ekonomi, serta kebijakan dalam menangani dampak lingkungan akibat pembangunan infrastruktur teknik sipil .

 

X