Silabus Manajemen Konstruksi

Mata Kuliah Wajib | Semester Ganjil-Genap

Tesis (SUW616) – 6 sks
Prasyarat:


Mata Kuliah Wajib | Semester Ganjil

Aspek Hukum dan Administrasi Proyek (SKW543) – 3 sks
Prasyarat:
Pemahaman kelembagaan yang terkait dengan perencanaan pembangunan dan pekerjaan konstruksi., Pemahaman hukum perencanaan, Hukum lingkungan, Hukum pertanahan, Hak hak atas tanah, Rencana tata guna lahan, dan peraturan bangunan. Kekuatan dan kelemahan hukum sebagai alat pengendalian pembangunan.

Manajemen Proyek (SKW513) – 3 sks
Prasyarat:
Pengertian manajemen proyek, Organisasi proyek, Perencanaan proyek, Penjadwalan proyek, Alokasi sumberdaya, Anggaran proyek, Sistem pengendalian proyek, Sistem informasi pada manajemen proyek, Manajemen resiko.

Perencanaan dan Pengendalian Proyek (SKW523) – 3 sks
Prasyarat:
Perencanaan, Penjadwalan dan alokasi sumber sumber untuk proyek konstruksi, Critical path method, Pertimbangan kendala kendala perencanaan dan dampaknya pada manajemen, Metode simulasi dan teknik optimasi.

Manajemen Resiko Proyek (SKW533) – 3 sks
Prasyarat:
Keputusan dan proses pengambilan keputusan untuk proyek konstruksi, Strategi untuk manajemen resiko proyek.

 

Mata Kuliah Wajib | Semester Genap

Manajemen Tata Laksana Proyek (SKW633) – 3 sks
Prasyarat:
Sistem Kontrak, Penyusunan Dokumen Kontrak, Optimasi, Menyusun Tim Proyek, Implementasi Proyek, Rencanan Tata Laksana, Monitoring dan Pengendalian, Manajemen Lokasi Bangunan, Manajemen Material Konstruksi, Manajemen Peralatan Konstruksi, Manajemen Tenaga Kerja Pembangunan, Hubungan Biaya – Waktu, Penjajagan Arus Kas, Tindakan Koreksi, Keselamatan Kerja.

Ekonomi Teknik (SKW643) – 3 sks
Prasyarat:
Hubungan nilai uang terhadap waktu, Ekonomi pembangunan, Mekanisme pasar, Intervensi pemerintah, Konsep biaya dan ekonomi lingkungan, Depresiasi dan deplesi, Evaluasi alternatip, Ketidakpastian, Analisis keputusan, Alokasi dan pembiayaan modal, Pengambilan keputusan dengan kriteria jamak.

Estimasi Biaya Konstruksi (SKW653) – 3 sks
Prasyarat:
Persiapan dan perkiraan biaya, Perencanaan metode dan program evaluasi pekerja, Peralatan, Sub-contract, Biaya tak langsung, Penilaian rasional dari resiko dan margin keuntungan, value engineering.