Magister Teknik Kimia

VISI

Menjadi komunitas akademik humanum di bidang teknik kimia tingkat pascasarjana yang di dalam penyelenggaraan program akademiknya akan mengembangkan potensi lokal pada tataran internasional demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan.

MISI

Dalam rangka meningkatkan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan sesuai dengan sesanti UNPAR, Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti, yang artinya berdasarkan Ketuhanan menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat:

  1. Menyelenggarakan program akademik jenjang magister yang berpedoman pada visi Program Studi Magister Teknik Kimia untuk menghasilkan lulusan yang humanum serta mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu, teknologi, dan seni dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode, kaidah ilmiah, disertai keterampilan penerapannya; mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang teknik kimia melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah; serta mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya yang diwujudkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacakupan tinjauan, keterpaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.
  2. Menghasilkan penelitian yang mengembangkan potensi lokal pada tataran internasional yang dapat secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan martabat manusia dan/atau memutakhirkan ilmu, teknologi,
    dan seni serta memanfaatkan hasil-hasil penelitian di dalam proses pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Melakukan kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak internal maupun eksternal di dalam rangka perwujudan visi Program Studi Magister Teknik Kimia.

MAGISTER TEKNIK KIMIA UNPAR

Bidang ilmu teknik kimia adalah bidang yang mempelajari proses untuk mengkonversi berbagai macam bahan baku menjadi aneka produk yang memiliki nilai tambah yang lebih tinggi. Secara umum hal ini mencakup:

  • Kemampuan rekayasa proses untuk menghasilkan proses yang inovatif, efisien, ekonomis, aman, dan ramah lingkungan.
  • Kemampuan rekayasa produk untuk menghasilkan produk yang inovatif dan dapat menjawab kebutuhan masyarakat modern yang semakin kompleks.

Seorang lulusan teknik kimia perlu memiliki wawasan dan pengetahuan yang baik dalam bidang teknik kimia serta berbagai ilmu yang relevan seperti matematika, fisika, kimia, mikrobiologi, material, safety, lingkungan, ekonomi, manajemen, dan lain sebagainya.

Program Studi Magister Teknik Kimia adalah program studi yang menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik kimia pada tingkatan Strata 2 (Magister). Konsentrasi yang ditawarkan dalam Program Studi Magister Teknik Kimia UNPAR meliputi:

  1. Konsentrasi Teknologi Pangan: untuk memperlengkapi mahasiswa dengan berbagai pengetahuan yang relevan dalam industri pangan sehingga yang bersangkutan dapat melakukan pengembangan melalui kegiatan riset dan inovasi berdasarkan ilmu teknik kimia yang ia miliki untuk menghadirkan proses maupun produk yang inovatif yang dapat menjawab kebutuhan dunia industri dan masyarakat luas.
  2. Konsentrasi Manajemen Teknologi Proses: untuk memperlengkapi mahasiswa dengan kemampuan teknis dan manajerial sehingga mampu menghadirkan pengembangan dan terobosan-terobosan baru melalui pendekatan inter/multi disiplin untuk menjawab tantangan dunia industri yang semakin kompleks. Selain itu, lulusan juga diperlengkapi dengan kemampuan yang mumpuni untuk menjadi seorang technopreneur yang baik.
  3. Konsentrasi Rekayasa Proses: untuk memperlengkapi mahasiswa dengan kemampuan untuk mengembangkan (memodifikasi, mengintegrasi, dan mengoptimasi) proses  yang sudah ada maupun menghadirkan proses-proses baru yang inovatif, efisien, ekonomis, aman, dan ramah lingkungan.

Dengan demikian, lulusan Program Studi Magister Teknik Kimia UNPAR selain memiliki kemampuan dasar seperti mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, dan menyelesaikan masalah, diharapkan juga memiliki kemampuan mengembangkan IPTEKS melalui riset inter/multi disiplin serta kegiatan inovasi yang teruji untuk menjawab tantangan dunia modern yang semakin kompleks.

X