Silabus Magister Manajemen

MATA KULIAH WAJIB UMUM

Hukum Bisnis

Matakuliah ini memberikan pemahaman mengenai prinsip dasar hukum bisnis yang berlaku universal dan yang bersifat kontekstual untuk Indonesia. Dalam matakuliah ini mahasiswa akan mempelajari kemungkinan terjadinya situasi dimana ada ketidaksesuaian antara hukum bisnis normatif dengan praktek bisnis yang sesungguhnya. Materi bahasan mencakup aspek bisnis yang terkait dengan hukum perdata, hukum acara, hukum perdagangan internasional, hukum pasar modal, hukum perijinan, dan undang-undang anti-monopoli.

Manajemen Strategik dan Risiko

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang esensi dari manajemen strategik dan manajemen risiko. Dalam tengah semester pertama, pembahasan akan fokus pada elemen-elemen manajemen strategik yang mendiskusikan tentang kerangka-kerangka kerja manajemen strategik yang dikenal, dan proses manajemen strategik itu sendiri dari tingkatan formulasi sampai pada implementasi. Dalam tengah semester kedua, pembahasan akan fokus pada dasar-dasar utama manajemen risiko yang mendiskusikan tentang hubungan antara ketidakpastian dengan risiko, imbal-hasil denganrisiko, prinsip-prinsip manajemen risiko, dan peran manajemen risiko dalam proses pengambilan keputusan perusahaan di tingkat strategik.

Referensi:

  • Cornelis A. de Kluyver and John A. Pearce II (2009), Strategy: a view from the top, 3rd edition, Pearson International Edition.
  • Arthur A Thompson, John E Gamble, A J Strickland III (2004), Strategy: CoreConcepts, Analytical Tools, Readings, McGraw-Hill.
  • F. Antonius Alijoyo (2009), Enterprise Risk Management-Practical Approach, PT RAY Indonesia.

Teori Organisasi dan Perilaku Keorganisasian

Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang organisasi, baik dari aspek struktur, proses maupun perilaku. Pada tengah semester pertama pembahasan akan fokus pada struktur organisasi. Materi yang dibahas mencakup konsep organisasi dan lingkungannya, disain organisasi, dan perubahan organisasi. Pada tengah semester kedua pembahasan fokus pada pembahasan perilaku keorganisasian, yang mencakup perilaku keorganisasian dengan lingkungan dan konteksnya, proses kognitif dan dinamika perilaku keorganisasian, serta kepemimpinan. Matakuliah ini juga memberikan perspektif internasional dan lintas-kultur, namun memberi penekanan pada lingkungan bisnis Indonesia.

Referensi:

  • Gareth R Jones (2007), Organizational Theory, Design, and Change, 5th edition, Pearson.
  • Fred Luthans (2008), Organizational Behavior, 11th edition, McGraw-Hill.

Tata Kelola Korporasi

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip umum tata kelola perusahaan dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut diterapkan dalam praktik, mulai dari struktur organ-organ perusahaan, dinamika proses antara organ-organ tersebut, sampai pada tantangan budaya yang harus dihadapi. Empat prinsip umum tata kelola: transparansi, akuntabilitas, tanggung-jawab, dan kewajaran akan didiskusikan secara ekstensif, sementara satu prinsip tambahan khas Indonesia yaitu independensi akan masuk dalam pembahasan pada saat diskusi merujuk pada isu dan tantangan penerapan tata kelola perusahaan di Indonesia. Mata kuliah ini juga mendiskusikan dan mengkaji etika bisnis sebagai unsur terpenting yang mendasari praktik-praktik tata kelola perusahaan yang baik.

Referensi:

  • Mas Achmad Daniri, Corporate Governance in Indonesia, Ray Indonesia.
  • Indonesia National Code on Corporate Governance (Komite Nasional Kebijakan Governance Indonesia), 2006.
  • Laura Pincus Hartman and Joseph R. Desjardins, Business Ethics, McGraw-Hill.

Manajemen Perubahan & Pengetahuan

Matakuliah ini memberikan pemahaman mengenai isu, teknik, dan strategi manajemen perubahan. Bagian pertama matakuliah ini terfokus pada pengembangan keahlian dalam memprediksi perubahan yang dibutuhkan organisasi dan memastikan bahwa perubahan tersebut dikelola secara efektif. Bagian kedua matakuliah ini menekankan pada implementasi manajemen perubahan terutama pada pengembangan manajemen pengetahuan.

Referensi:

  • William W Lee & Karl J Krayer (2003), Organizing Change, Pfeiffer.
  • Shelda Debowski (2006), Knowledge Management, Wiley.

Tesis

Matakuliah ini adalah tugas akhir mahasiswa. Terdapat empat jenis tesis yakni Tesis Manajemen Bisnis, Tesis Manajemen Strategik, Tesis Manajemen Risiko, dan Tesis Hubungan Industrial & Manajemen Modal Insani. Melalui matakuliah ini mahasiswa akan diberikan pengarahan mengenai metode penelitian manajemen secara umum dan metode penelitian khusus yang dipakai dalam bidang konsentrasi masing-masing. Setelah memperoleh pembekalan metode penelitian, mahasiswa diminta untuk merumuskan proposal penelitian. Setelah proposal penelitian tersebut dinyatakan layak, maka penelitian dapat dilaksanakan. Hasil penelitian harus dilaporkan dalam bentuk laporan penelitian, yang kemudian diuji melalui sidang terbuka. Bagi mahasiswa yang belum pernah bekerja, disarankan untuk melakukan kegiatan magang sambil melakukan penelitian pada organisasi/perusahaan yang sama.

X