Matrikulasi Manajemen

PROGRAM MATRIKULASI UNTUK MAGISTER MANAJEMEN

Program matrikulasi diselenggarakan untuk menyamakan pengetahuan mahasiswa tentang materi yang berkaitan dengan bisnis dan manajemen sampai ke tingkatan yang dianggap minimal untuk dapat mengikuti mata kuliah yang ada di Program Magister Manajemen Unpar. Karenanya, kelulusan dari mata kuliah yang diselenggarakan di program matrikulasi ini merupakan keharusan, yang berarti jika tidak lulus harus diulang kembali. Daftar mata kuliah Matrikulasi adalah sebagai berikut:

Kode Nama Mata Kuliah
MMW401 Ekonomi Manajerial
MMW402 Manajemen Bisnis
MMW403 Informasi Akuntansi untuk Manajer

Silabus Mata Kuliah Matrikulasi

Ekonomi Manajerial

Matakuliah ini membangun penguasaan mahasiswa untuk menggunakan kerangka pikir ekonomi mikro dalam memahami keputusan-keputusan perusahaan untuk dapat bertahan dan berkembang sebagai bagian dari industri di pasar internasional. Materi yang dibahas mencakup permintaan, struktur pasar, integrasi vertikal dan horisontal, kebijakan harga, keputusan dalam ketidak-tentuan, dan informasi asimetrik. Mahasiswa akan dilatih untuk mengenali berbagai komponen kunci dalam keputusan perusahaan dan karakteristik pasar. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui penulisan karya ilmiah yang menguraikan dan menganalisis keputusan perusahaan sebagai akibat dan atau penyebab perubahan dalam sruktur industri tertentu atau dalam perekonomian Indonesia.

Referensi:

  • Michael R Baye (2009), Managerial Economics and Business Strategy, McGraw-Hill.

Manajemen Bisnis

Matakuliah ini memberikan pemahaman dasar mengenai manajemen, bisnis dan pengelolaannya. Materi yang dibahas mencakup konsep manajemen, mulai dari perencanaan sampai dengan pengendalian. Selain itu juga konsep bisnis, lingkungan bisnis, fungsi operasi bisnis dan pengelolaannya, yakni manajemen manusia bersumber daya, manajemen operasi, manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui pembahasan kasus-kasus manajemen bisnis, baik nasional maupun internasional.

Referensi:

  • Louis E. Boone & David L.Kurtz (2005), Contemporary Business, 11th Thomson. edition,
  • Wareen R. Plunkett, Raymond F. Attner, Gemmy S. Allen (2005), Management: Meeting and Exceeding Customer Expectation, 8th edition, Thomson.

Informasi Akuntansi untuk Manager

Matakuliah ini memberikan pemahaman mengenai penggunaan metode dan teknik keuangan yang diperlukan untuk merencanakan, menganalisis dan membuat keputusan, serta pengendalian, selain implikasi finansial dari keputusan yang dibuat. Matakuliah ini mencakup pembahasan mengenai konteks akuntansi, laporan keuangan, dan informasi akuntansi manajemen; dengan menekankan pada interprestasi dari informasi akuntansi serta pemahaman mengenai asumsi-asumsi yang digunakan dalam akuntansi, dan bukan pada bagaimana menyusun dokumen transaksi menjadi laporan keuangan. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui pembahasan kasus-kasus manajemen untuk menguji pemahaman yang dimaksud di atas.

Referensi:

  • Paul M Collier (2006), Accounting for Managers, Interpreting Accounting Information for Decision-Making, 2nd edition, Wiley.
X