Manajemen Strategik

Konsentrasi Manajemen Strategik dirancang untuk peserta yang berminat untuk menguasai keahlian dalam memformulasikan strategi, memastikan proses dan implementasinya untuk penciptaan nilai yang berkesinambungan bagi organisasi dimana mereka berkarya. Proses belajar akan dilengkapi dengan pendampingan dalam menerapkan teori dan konsep ke dalam praktek terbaik melalui simulasi dengan skenario dunia nyata, dan mengoperasikan instrumen-instrumen manajemen strategi berbasis teknologi informasi.

MATA KULIAH KONSENTRASI MANAJEMEN STRATEGIK

Metode Kuantitatif untuk Manajemen Strategik

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai alat analisis kuantitatif untuk melakukan analisis kebijakan dan pembuatan keputusan strategik. Matakuliah ini mencakup aplikasi alat-alat statistika, khususnya teknik peramalan. Game theory juga akan dibahas sebagai alat kuantitatif untuk menganalisis situasi dimana para pembuat keputusan yang rasional berinteraksi dalam suatu peristiwa yang hanya terjadi sekali maupun yang berkelanjutan. Konsep-konsep dasar seperti sequential and simultaneous moves, pure and mixed strategies, Nash equilibria, zero and non-zero games akan dipakai untuk menganalisis market and competition, information uncertainty, strategic moves, bargaining, auction design. Melalui matakuliah ini mahasiswa akan dilatih untuk membangun model kuantitatif dari topik bahasan dalam manajemen strategik.

Referensi:

  • J.H. Powell (2003), Game Theory in Strategy, chapter 29, The Oxford Handbook of Strategy (editors: Faulkner & Campbell), Oxford University Press.
  • Martin Osborn (2004), An Introduction to Game Theory, Oxford University Press.

Analisis Lingkungan Bisnis

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa mampu menganalisis dinamika karakteristik industri baik di pasar lokal maupun global, yang dipengaruhi dan mempengaruhi keputusan perusahaan untuk bertahan dan berkembang. Materi yang akan dibahas antara lain paradigma struktur-perilaku-kinerja, ko-opetisi, batas perusahaan, keunggulan bersaing, dan kebijakan industri. Mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai kerangka pikir, konsep, dan indikator industri untuk dipakai dalam tulisan ilmiah yang merupakan kajian kritis atas industri tertentu.

Referensi:

  • Robert Pitkethly (2003), Analysing The Environment, Chapter 9, The Oxford Handbook of Strategy (editors: Faulkner & Campbell), Oxford University Press.

Manajemen Rantai Nilai

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai konsep mutakhir yang menyatukan tantangan-tantangan strategik, pemasaran, operasional, dan sistem informasi termasuk penekanan pada pentingnya proses dan budaya perusahaan sebagai syarat pendukung keberhasilan pelasanaan manajemen rantai nilai. Selain membahas beberapa teori yang terkait dengan isu-isu utama, mata kuliah ini menekankan pentingnya diskusi dan berbagi pengalaman baik dengan dosen matakuliah yang berpengalaman maupun dengan praktisi manajemen puncak yang hadir sebagai dosen tamu.

Referensi:

  • Roberta S. Russell, and Bernard W. Taylor (2007), Operation Management: Creating Value along the Supply Chain.
  • David Blanchard (2006), Supply Chain Management Best Practices.

Manajemen Pemangku Kepentingan

Karena peran pemangku kepentingan sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan dan kesinambungan suatu bisnis, seorang ahli strategi perlu memahami bagaimana membangun model pengikatan dengan para pemangku kepentingannya. Matakuliah ini akan memberi bekal pengetahuan praktis sehingga mahasiswa mampu mengembangkan suatu model strategi khusus penanganan pemangku kepentingan yang sesuai dengan karakter bisnis, industri, dan konteks sosial budaya dimana organisasi tersebut beroperasi. Matakuliah ini akan dibimbing oleh dosen yang juga berpengalaman sebagai praktisi. Selain itu, beberapa pengajar tamu akan diundang untuk berbagi pengalaman mereka kepada para peserta.

Referensi:

  • Margit Huber, editor Martina Pallas (2006), Customizing Stakeholder Management Strategies, concept for long-term business success, Springer VerlaG.
  • AA1000 Stakeholder Engagement Standard (Institute of Social and Ethical Accountability)
  • ISO 26000 (draft): Corporate Social Responsibility.

Manajemen Strategik Lanjut

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa mampu berpikir, memutuskan, dan bertindak sebagai seorang ahli strategi melalui beberapa simulasi berbasis skenario dunia nyata. Peserta diharapkan memainkan peran sebagai seorang ahli strategi di suatu perusahaan atau bentuk organisasi lainnya, yang dihadapkan pada masalah dan tantangan aktual. Pendekatan yang diberikan akan menstimulir peserta untuk berpikir secara strategik, yang memungkinkan mereka mencari pemecahan masalah secara kreatif, dan memberikan kesempatan untuk mendemonstrasikan kepemimpinan mereka dalam menerapkan suatu keputusan strategik tertentu yang telah diambil. Peserta matakuliah ini akan dibimbing oleh dosen yang juga seorang praktisi berpengalaman. Selain itu, peserta akan memperoleh kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan beberapa praktisi manajemen puncak di Indonesia.

Referensi:

  • Veronique Ambrosini (2007), Advanced Strategic Management: A Multi- Perspective Approach .

Seminar Manajemen Strategik

Matakuliah ini menjadi ajang kesempatan bagi peserta dalam dua bentuk, pertama adalah kesempatan untuk mempelajari perspektif dan pengalaman praktisi senior, dan kedua adalah kesempatan bagi peserta sendiri untuk mendemonstrasikan pemahaman dan kompetensi mereka dalam bidang manajemen strategik. Topik seminar dipilih berdasarkan aktualitas dan relevansinya dengan konteks Indonesia. Pelaksanaan seminar dapat dilakukan dengan cara mengundang pembicara dari luar dan atau mendorong peserta menggunakan kesempatan ini untuk berbagi atau bertukar hasil observasi atau perspektif mereka sendiri tentang suatu isu strategik yang terkait dengan lingkungan bisnis Indonesia.

Referensi:

  • Strategic Decision Journal
  • Harvard Business Review

 

X