Manajemen Bisnis

Konsentrasi Manajemen Bisnis didesain untuk mempersiapkan peserta berkarir di bidang manajemen dan bisnis dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen dan bisnis terkini dan kemampuannya untuk mengaplikasikan kompetensi itu dalam praktek.

MATA KULIAH

Metode Kuantitatif untuk Manajemen Bisnis

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai berbagai alat analisis kuantitatif dalam bisnis, agar para peserta dapat memformulasikan berbagai masalah manajerial dalam model-model kuantitatif, dan menggunakan berbagai alat tersebut untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam menjalankan bisnis. Materi yang tercakup adalah alat-alat statistika dan matematika untuk pembuatan keputusan bisnis, seperti teknik peramalan, optimasi, simulasi, dan regresi. Mata kuliah ini mengajarkan pula penggunaan berbagai macam perangkat lunak (software) serta belajar melakukan intepretasi hasil perhitungan yang diperolehnya.

Referensi:

  • David R. Anderson, Dennis J Sweeney, Thomas A. Williams, Kipp Martin (2008), Quantitative Methods for Business, 11th edition, Thomson South-Wesley.

Strategi Pemasaran

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai konsep strategi pemasaran sehingga mampu untuk melakukan analisis dan membuat perancangan dan formulasi strategi pemasaran sehingga sebuah organisasi bisnis mampu bersaing dan berkembang. Materi yang dibahas meliputi tujuan dan fungsi strategi pemasaran untuk membangun keunggulan bersaing, berbagai teknik untuk menganalisis peluang, berbagai strategi pemasaran dan implementasinya. Diskusi dan pembahasan kasus merupakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Referensi:

  • George S. Day (2007), The Market-Driven Organization: Understanding, Attracting and Keeping Valuable Customers, New York: Free Press.

Keuangan Korporasi

Mata kuliah ini berisikan konsep dasar manajemen keuangan seperti laporan keuangan, cash flows, time value of money, risk and return, valuation process, investasi modal kerja dan aktiva tetap, berbagai jenis sumber pembiayaan, pembagian dividen sehingga dengan demikian mahasiswa dapat memahami bahwa kinerja perusahaan dipengaruhi oleh keputusan-keputusan yang telah dibuat serta implementasinya. Kinerja serta posisi keuangan perusahaan akan tercermin dalam laporan keuangan perusahaan. Selain itu dipahami pula adanya hubungan ataupun pengaruh antara harga saham dengan berbagai keputusan yang dibuat manajemen perusahaan serta kinerja perusahaan.

Referensi:

  • Eugene F Brigham and Michael C Ehrhard, Financial Management Theory and Practice, edisi 11, Thomson.

Seminar Manajemen Bisnis

Matakuliah ini didisain untuk membangun keutuhan pemahaman mahasiswa mengenai manajemen bisnis. Matakuliah ini membahas topik-topik kontemporer dari manajemen bisnis yang dipresentasikan oleh mahasiswa melakukan studi literatur maupun studi empirik di bidang bisnis. Melalui matakuliah ini mahasiswa juga akan memperoleh kesempatan bertemu dengan para praktisi sehingga mereka dapat bertukar pikiran dan mengkaji topik-topik dalam bidang ini secara lebih mendalam dan praktis.

Referensi:

  • Journal of Management, Sage Publication, MIT Sloan Management Review, Harvard Business Review

Manajemen Hubungan Pelanggan

Matakuliah ini membahas konsep pengelola hubungan pelanggan, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep manajemen hubungan pelanggan, proses mengelola hubungan pelanggan, dan meningkatkan kepekaan mahasiswa akan pentingnya mengembangkan hubungan yang mendalam dengan pelanggan serta nilai dari hubungan ini untuk menciptakan keberhasilan bisnis jangka panjang.

Referensi:

  • Buttle, F. (2004), Customer Relationship Management: Concepts and Tools, Elsevier.

Komunikasi Pemasaran Terintegrasi

Komunikasi Pemasaran Terintegrasi adalah proses lintas fungsi untuk menciptakan dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan dan publik dengan mengendalikan atau mempengaruhi berita secara strategik. Melalui matakuliah ini mahasiswa mempelajari bagaimana mengintegrasikan semua elemen-elemen komunikasi pemasaran dan mengapa integrasi ini penting untuk keberhasilan organisasi. Advertising, public relations, sales promotion, event marketing, direct marketing, e-communication, dan selling harus diintegrasikan untuk menyampaikan berita secara konsisten kepada pelanggan dan publik sehingga dapat berkontribusi terhadap brand equity bagi suatu organisasi. Matakuliah ini akan menggunakan studi kasus dan latihan dalam proses pembelajaran.

Referensi:

  • Duncan, T. (2005), Principles of Advertising and IMC, 2nd Ed, McGraw-Hill, New York.

Pemasaran Jasa

Matakuliah ini bertujuan memperkenalkan mahasiswa mengenai pemasaran jasa sebagai area pemikiran dan praktik pemasaran yang berbeda dan terpisah dan membantu mahasiswa memahami pengaruhnya dalam persaingan. Fokus pada tiga hal, yakni service customer, service company dan integrasi pemasaran, sumber daya manusia dan operasi dalam sistem jasa. Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menganalisis strategi pemasaran jasa dan membuat keputusan dalam industri jasa.

Referensi:

  • Zeithaml Valerie A, Bitner. Mari Jo, Gremier. Dwayne D (2006), Service Marketing, Integrating Customer Focus Across the Firm,4 th edition, McGraw-Hill International Edition.

Restrukturisasi Keuangan

Matakuliah ini menjelaskan kepada mahasiswa teknik-teknik restrukturisasi keuangan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Bagian pertama dari kuliah membahas teknik-teknik restrukturisasi keuangan yang ditujukan untuk memperkuat daya saing perusahaan. Mencakup topik divestitures, spinoffs, splitoffs, equity carveouts, leveraged recapitalizations, dan leveraged buyouts. Bagian kedua membahas restrukturisasi dari financially distressed firm. Topik yang tercakup adalah private workouts, prepackaged bankruptcy filings, dan restructuring in bankruptcy. Matakuliah ini ditujukan bagi mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari isu-isu keuangan, strategik, dan bisnis dari strukturisasi korporasi, yang bermanfaat untuk berkarir dalam investment banking, commercial banking, turnaround management, general management, strategy consulting, securities analysis, and investment management.

Referensi:

  • Altman, E., and E. Hotchkiss, Corporate financial distress and bankruptcy: Predict and avoid bankruptcy, analyze and invest in distressed debt, 3rd ed., Wiley Finance, 2005.
  • Baker, G. and G. Smith, The new financial capitalists: Kohlberg Kravis Roberts and the creation of corporate value, Cambridge University Press, 1999.

Manajemen Investasi

Memperkenalkan mahasiswa kepada konsep-konsep analisis portofolio dalam manajemen investasi institusional. Membahas bagaimana menetapkan tujuan investasi yang tepat, mengembangkan strategi portofolio yang optimal, mengestimasi risk-return tradeoffs, mengevaluasi kinerja investasi, serta mendiskusikan berbagai pendekatan kuantitatif yang terkini.

Referensi:

  • Bodie, Kane and Marcus (2002), Investment, 5th edition, Irwin.

Manajemen Merek Strategik

Matakuliah ini membahas bagaimana strategi-strategi merek yang menguntungkan dapat dikembangkan. Pada dasarnya membahas bagaimana membangun brand equity, bagaimana mengukur brand equity, bagaimana mengkapitalisasi brand equity untuk mengembangkan bisnis. Matakuliah ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai isu-isu penting dalam perencanaan dan evaluasi strategi merek; konsep dan teknik yang tepat untuk meningkatkan profitabilitas jangka panjang dari strategi merek.

Referensi:

  • Kevin Lane Keller, Strategic Brand Management, 3rd 2008. edition, Prentice-Hall,

Keuangan Korporasi Lanjut

Mata kuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai kerangka teoritis untuk memahami dan menganalisis masalah-masalah keuangan perusahaan. Materi yang dibahas mencakup strategi dan kondisi perusahaan melalui analisis akuntansi dan keuangan, model-model keuangan untuk menentukan nilai perusahaan, peramalan laporan keuangan dan kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan strategi dan posisi keuangan perusahaan, berbagai pendekatan untuk membuat keputusan investasi riil dalam keadaan yang tidak pasti.

Referensi:

  • Eugene F Brigham and Michael C Ehrhard, Financial Management Theory and Practice, 11th edition, Thomson.
  • Paul M. Healy and Krishna G. Palepu (2007), Business Analysis and Valuation: Using Financial Statements. 4th edition, Mason, Ohio: Thomson Southwestern.
  • Richard A Brealey, Steward C. Myers, Franklin Allen (2008), Principles of Corporate Finance, 9th edition, Mc Graw Hill.

Magang

Matakuliah ini adalah matakuliah yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk memperoleh pengalaman kerja nyata. Mahasiswa wajib melakukan praktek kerja selama paling sedikit 3 (tiga) bulan kerja. Pada saat melakukan magang, mahasiswa akan memperoleh pembimbing baik dari pihak perusahaan maupun dari program studi. Pada akhir magang mahasiswa diwajibkan memberikan laporan tertulis mengenai kegiatan magang dan hasil kerja selama magang dan dipresentasikan dihadapan tim penguji untuk memperoleh penilaian. Penilaian juga diberikan oleh pembimbing pihak perusahaan tempat mahasiswa melakukan magang.

 

X