Hubungan Industrial dan Manajemen Modal Insani

Konsentrasi Hubungan Industrial dan Manajemen Modal Insani disiapkan untuk memungkinkan peserta untuk meningkatkan pemahaman tentang hubungan kerja ditinjau dari sudut pandang berbagai disiplin ilmu. Fokus ini juga mencakup hubungan antara lembaga-lembaga yang terlibat dalam suatu kegiatan produktif. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan peserta penguasaan pengetahuan dan keterampilan terkini sebagai dasar untuk dapat berkarir dalam bidang hubungan industrial, manajemen modal insani, dan analis kebijakan ketenagakerjaan.

MATA KULIAH

Metode Kuantitatif untuk Hubungan Industrial & Manajemen Modal Insani

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai alat statistika untuk dapat membuat keputusan dengan tepat dalam bidang hubungan industrial dan manajemen modal insani. Matakuliah ini mencakup konsep hubungan sebab akibat dan teknik regresi multivariat untuk mengevaluasi dampak praktek-praktek hubungan industrial dan manajemen modal insani terhadap hasil (seperti kinerja, ROI dari pelatihan dan pengembangan, kepuasan kerja, dan motivasi), pengukuran keefektifan praktek-praktek manajemen modal insani dalam mencapai tujuan organisasi, serta performance & human capital metrics.

Referensi:

  • Joseph F. Hair, Bill Black, Barry Babbin, Rolph E.Anderson, Ronald L. Tatham (2006), Multivariate Data Analysis, 6th edition, Pearson.
  • Jac Fitz-enz & Barbara Davison (2002), How to Measure Human Resource Management, 3rd edition, McGraw-Hill.
  • John Sullivan (2004), HR Metrics: The World Class Way, Kennedy Information Inc.

Manajemen Modal Insani

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai konsep dan praktik yang mendasari sistem manajemen modal insani yang efektif. Matakuliah ini memberikan kerangka sistematik dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan-keputusan kepegawaian. Fokus matakuliah ini adalah bagaimana organisasi memperoleh, mengorganisasi, dan mempertahankan modal insaninya. Materi yang tercakup tanggung jawab utama dari fungsi manajemen sumber insani, perencanaan strategi kepegawaian, analisis pekerjaan, rekrutmen, seleksi, penempatan, pelatihan dan pengembangan, perencanaan karir, manajemen kinerja, manajemen imbalan, hubungan industrial, dan manajemen modal insani pada lingkup internasional. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan teknik yang tersedia untuk profesi manajemen modal insani. Mahasiswa akan diperkenalkan dengan prinsip-prinsip utama, proses dan metode yang digunakan organisasi untuk mempertahankan keunggulan bersaingnya.

Referensi:

  • Noe, R.A., et.al., Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage, 5th ed. McGraw-Hill, 2006.
  • Angela Baron & Michael Amstrong (2008), Human Capital Management: Achieving Added Value Through People, Kogan Page.

Sistem Hubungan Industrial di Indonesia & Studi Banding Hubungan Industrial

Matakuliah ini memberikan pemahaman yang mendalam bagi mahasiswa mengenai sistem hubungan industrial Indonesia baik dari perspektif historis maupun komparatif. Bagian pertama dari matakuliah ini fokus pada perkembangan sistem hubungan industrial di Indonesia; latar belakang falsafah dan sejarah yang membentuk sistem yang berlaku sekarang akan dieksplorasi untuk memberikan pemahaman mengenai karakter dari sistem hubungan industrial tersebut, serta kebijakan-kebijakan dalam hubungan industrial Indonesia. Pada bagian kedua matakuliah ini fokus pada hubungan industrial di berbagai negara lain, yang memiliki budaya, norma, institusi pasar tenaga kerja, dan regulasi yang berbeda.

Referensi:

  • Ian Breadwell (1996), Contemporary Industrial Relations: A Critical Analysis, Oxford University Press.
  • Joris Van Ruysseveldt, Rien Huiskamp (1995), Comparative Industrial & Employment Relations, London, Sage Publications
  • Safaria, Anne Friday, Dedi Suhanda & Selly Riawanti (2003), Hubungan Industrial di Sektor Informal: Permasalahan dan Prospek, Bandung: AKATIGA.

Hukum Ketenagakerjaan & Kontrak

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai kerangka hukum dan peraturan yang mengatur hubungan hukum antara pekerja dan pengusaha, baik dalam lingkungan perusahaan dengan serikat pekerja maupun hukum yang mengatur hubungan kerja individual. Materi yang dibahas meliputi landasan hukum dari hubungan industrial, mencakup hukum yang mengatur serikat pekerja, hukum yang mengatur perselisihan hubungan industrial, kontrak kerja, hak pekerja dan pengusaha, statuta standar minimum dan peraturan hak azasi manusia, tawar menawar kolektif, serta arbitrase.

Referensi:

  • Djumadi (2004), Hukum Perburuhan dan Perjanjian Kerja, Rajawali Pers.
  • Permana, Nina Insania K. et al. (2006), Merancang PHK yang Menguntungkan Semua Pihak, Jakarta: Penerbit PPM.

Manajemen Kinerja Lanjut

Matakuliah ini diberikan agar mahasiswa paham dan mampu menganalisis, dan mengelola kinerja sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. Mencakup pengertian, tujuan dan manfaat manajemen kinerja, metode penilaian, menyusun penilaian kinerja, evaluasi hasil penilaian, konseling, serta memanfaatkan aspek lain dalam sistem manajemen sumber daya manusia untuk mengelola kinerja sumber daya manusia.

Referensi:

  • Michael Amstrong (2006), Performance Management: Key Strategies and Practical Guidelines, Kogan Page
  • Michael Amstrong (2007), A Handbook of Employee Reward Management & Practice, 2th edition, Kogan Page.

Seminar Hubungan Industrial & Manajemen Modal Insani

Matakuliah ini membahas topik-topik perspektif kontemporer dari hubungan industrial dan manajemen modal insani. Bertujuan untuk mengeksplorasi aspek-aspek spesifik dari hubungan industrial dan manajemen modal insani secara mendalam, termasuk hubungan ketenagakerjaan di sektor swasta maupun publik. Topik bahasan dapat berkembang dan berubah sesuai perkembangan isu-isu terkini. Melalui matakuliah ini mahasiswa juga akan memperoleh kesempatan bertemu dengan para praktisi dalam bidang hubungan industrial dan manajemen modal insani sehingga mereka dapat bertukar pikiran dan mengkaji topik-topik dalam bidang ini secara lebih mendalam dan praktis.

Referensi:

  • Journal of Industrial Relations, Sage Publication
  • Human Resource Management Journal, Wiley Periodicals Inc.

 

X