Silabus

Mata Kuliah Wajib | Semester Ganjil-Genap

Tesis (IUW-616) – 6 sks
Prasyarat:

 

Mata Kuliah Wajib | Semester Ganjil

Teori dan Isu Pembangunan (IUW-513) – 3 sks
Prasyarat:
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan alat analisa dan eksplanasi terhadap berbagai fenomena dan teori pembangunan. Dewasa ini konsep pembangunan yang bertumpu pada pertumbuhan ekonomi menghadapi berbagai gugatan. Para pakar mulai melihat pembangunan sebagai proses politik yang melibatkan keiompok gainers (yang diuntungkan) dan losers (yang dirugikan). Perhatian juga akan difokuskan pada bagaimana developmental state merumuskan kebijakan-kebijakan dalam konteks politik, sosial dan ekonomi untuk mencapai tujuan pembangunan.

Ekonomi dan Politik Pembangunan (IUW-523) – 3 sks
Prasyarat:
Mata kuliah ini membahas fenomena pembangunan dari perspektif ekonomi-politik dengan mengacu pada berbagai perspektif seperti teori modernisasi, teori ketergantungan; teori sistem dunia, pendekatan neo-institusionalisme, dan perspektif neo-radikal. Perhatian juga akan diberikan pada gagasan Sustainable Development dan Alternative Development yang menekankan pada pemeliharaan lingkungan dan pemberdayaan kaum tertindas.

Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (IUW-553) – 3 sks
Prasyarat:
Mata kuliah ini bertujuan membekali peserta agar mampu melakukan penelitian secara mandiri khususnya ketika menyusun tesis. Mata kuliah ini dirancang secara khusus untuk memberikan pengetahuan mengenai metode dan teknik penelitian pada lingkup sektor publik, bisnis dan hubungan internasional sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku di bidang masing-masing. Pembahasan akan difokuskan pada masalah bagaimana mengeksplorasi topik penelitian, merumuskan pertanyaan penelitian, mengakses data dan informasi (wawancara, observasi, studi dokumen, dll.)

Statistik Sosial Ekonomi (IUW-543) – 3 sks
Prasyarat:
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali peserta agar mampu menganalisis berbagai tema penelitian dengan menggunakan metode statistik non-parametrik yang umum digunakan di dalam disiplin ilmu sosial. Peserta diharapkan mampu untuk melakukan kegiatan riset yang benar dalam hal: mengumpulkan dan menyeleksi data; menganalisis data; menarik hubungan antar variabel; menampilkan data kuantitatif; dan menarik kesimpulan hasil penelitian.

 

Mata Kuliah Pilihan

Politik Ekonomi Demokrasi (IUE-623) – 3 sks
Prasyarat:
X