Silabus

MATA KULIAH WAJIB UMUM

Teori Hukum

Teori hukum  (Meuwissen, Gijssels-van Hoecke, Bruggink dan  penulis-penulis  Anglo Saxis), teori ilmu hukum,  berbagai disiplin hukum,  tinjauan  ilmu hukum dari sudut pandang   positivistik   dan   normatif,   konsep   ilmu   (Atomisme  Logikal,  Positivisme Logikal, Rasionalisme Kritis, Kuhn, Hermeneutik,  Pragmatisme), pengembangan  ilmu hukum dengan analisis kaidah, aturan,  asas dan sistem hukum, hubungan hukum dan moral, ilmu hukum dan ilmu-ilmu sosial.

Sosiologi Hukum Indonesia

Ruang lingkup sosiologi hukum, analisis sistem hukum, dampak dan efektivitas hukum, hukum, kekuasaan, dan struktur  sosial, kultur hukum, perubahan masyarakat dan perubahan hukum.

Sejarah dan Politik Hukum

Batasan, pengertian, ruang lingkup dan metode sejarah hukum, kegunaan sejarah hukum  bagi pengembangan hukum  (teoritis dan praktis), garis besar perkembangan hukum dalam tradisi Civil Law dan Common Law dan sejarah hukum Indonesia serta arah perkembangannya di masa mendatang.

Filsafat Hukum Modern

Nilai-nilai dasar  penegakan kaidah  hukum  di   dalam masyarakat,  konsep keadilan, equality, ketertiban, hubungan antara  hukum dan kekuasaan, pengertian hak dan kewajiban, pengertian sanksi, kedudukan manusia di dalam hukum.

Metode Penelitian dan Penemuan Hukum

Keterampilan meneliti dan menemukan hukum serta menuangkan hasil penelitian dan penemuan hukum tersebut dalam suatu laporan tesis

MATA KULIAH KONSENTRASI HUKUM BISNIS

Peranan Hukum Dalam Pembangunan Ekonomi

Seluk  beluk  tentang  economic analysis  of  law  dan  peran  hukum  ekonomi dalam membentuk hubungan yang saling menunjang antara gejala ekonomi dan gejala hukum (kedudukan, fungsi dan peran hukum  dalam era globalisasi ekonomi, berbagai teori pembangunan yang relevan dengan negara berkembang, dan aspek-aspek hukum dari investasi asing melalui Perusahaan Transnasional serta dampaknya bagi negara berkembang).

Perbandingan Hukum Kontrak

Membandingkan hukum kontrak menurut tradisi Civil Law dan Common Law.

Hukum Perdagangan Internasional

Konsep-konsep dan aturan-aturan dalam konteks Tata Perekonomian Dunia yang baru; kesepakatan-kesepakatan Kerjasama Internasional dan Regional di bidang perdagangan, seperti  World  Trade  Organization,  The    General Agreement  on    Tarrifs  and  Trade, Masyarakat Eropa, NAFTA,  APEC, ASEAN,  AFTA dsb, serta pengaruhnya terhadap perkembangan pola dan strategi perdagangan internasional Indonesia; tata cara dan pola pelaksanaan perdagangan internasional ditinjau dari sudut Hukum Perdata Internasional, seperti yang dimaksudkan dalam the Vienna Convention on the International Sale of  Goods; dampak  dari regulasi internasional  di  bidang bisnis dan perdagangan terhadap peraturan hukum dan perkembangan aktivitas bisnis dan perdagangan di dalam negeri; aspek-aspek praktikal dari pemberlakuan kaidah-kaidah hukum dan kebiasaan perdagangan internasional terhadap aktivitas bisnis dan perdagangan Indonesia.

Kapita Selekta Masalah Hukum Bisnis

Aspek-aspek yuridis dari transaksi  waralaba (Franchising), beberapa persoalan hukum dalam kontrak-kontrak BOT,  aspek-aspek kontraktual  dari transaksi  Imbal Beli (Countertrade). Sedang dipikirkan kemungkinan  untuk pembahasan tentang beberapa jenis transaksi bisnis internasional yang sudah diatur di  dalam konvensi-konvensi internasional seperti international leasing, factoring, merger dan e-commerce.

Hukum Jaminan

Macam-macam jaminan yang dikenal dalam hukum Indonesia, bagaimana konstruksi yuridis   dari    perjanjian jaminan dan  bagaimana kekuatan  hukum  dari perjanjian jaminan serta masalah-masalah yang timbul dalam praktek sehubungan dengan UUHT bagi perbankan dan segi-segi hukum yang berkaitan dengan penyelesaian masalah kredit macet perbankan serta masalah eksekusinya.

Aspek Hukum Waralaba

Berbagai aspek hukum yang berkaitan dengan konsep waralaba, jenis-jenis dan pola waralaba, perjanjian dan jenis-jenis perjanjian waralaba, perburuhan  dalam waralaba, dan aspek HaKI dari waralaba.

Kontrak Dagang Internasional

Asas-asas  umum  dalam  perjanjian;  elemen-elemen pokok dari  suatu  transaksi dan kontrak bisnis (baik domestik maupun  internasional); elemen-elemen kontrak bisnis; jenis-jenis utama kontrak bisnis dan perdagangan; aspek-aspek khusus dalam kontrak- kontrak bisnis transnasional; teknik perumusan substansi perjanjian ke  dalam pasal- pasal dan atau persyaratan-persyaratan kontrak bisnis; kapita selekta kontrak di bidang atau aktivitas bisnis tertentu, seperti distributorship, agency, franchise, international sale.

Teknik Penyelesaian Sengketa Bisnis

Asas-asas dalam penyelesaian perselisihan dalam bisnis; metode dan teknik contract adaption, metode dan teknik meditation and reconciliation; metode dan teknik Commercial Arbitration; metode dan teknik litigasi di forum pengadilan.

Hukum Kompetisi Dalam Bisnis

Aspek-aspek hukum, ekonomi dan etika dari para pelaku ekonomi atau pengusaha dalam menjalankan  usahanya  dalam sistem  ekonomi pasar;  bagaimana  peran  dan  fungsi pemerintah sebagai regulator sekaligus pelaku ekonomi dalam upaya menciptakan suatu persaingan bisnis yang sehat bagi sesama pelaku ekonomi dan konsumen dalam sistem ekonomi pasar.

Masalah Kemiskinan dan Keadilan Sosial

Identifikasi makna kemiskinan dan keadilan sosial serta hubungan antara keduanya, dan peranan hukum dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan realisasi keadilan sosial.

Permasalahan Hukum dalam Perusahaan

Jenis dan kedudukan yuridik Perusahaan sebagai badan usaha dan badan hukum yang dikenal dalam praktik bisnis; Konsep dan batasan badan usaha sebagai badan hukum (legal   entity);  aturan  hukum positif yang mengatur tentang pendirian perusahaan, masalah permodalan, organ dalam perusahaan;  aspek hukum  yang muncul dengan adanya penggabungan perusahaan  (merger, akuisi dan konsolidasi); masuk bursa (go public); Keberadaan Perusahaan Transnasional (Multi  National Corporation, MNC)  di Indonesia.

Permasalahan Perlindungan Hukum bagi Konsumen

Pemahaman tentang tanggung jawab para pelaku usaha dalam rangka perlindungan bagi para konsumen.

Pidana dalam Bisnis

Makna tindak pidana dan kriminologi dalam aspek binis sebagai bagian dari kehidupan manusia, serta pengkajian aspek pidana dalam pelbagai peraturan perundang-undangan tentang bisnis.

Perlindungan Hukum atas Kekayaan Intelektual

Kedudukan Hukum Kekayaan Intelektual (HKI)  dalam sistem hukum kebendaan; Penggolongan dan  jenis jenis HKI;   pengaturan HKI  dalam tataran  hukum  nasional maupun    hukum    internasional; arti pentingnya perlindungan HKI  dalam kerangka bisnis; HKI  sebagai obyek transaksi  bisnis;  perjanjian  (lisensi) dalam  HKI;  lembaga pendaftaran  HKI;   perkembangan  makna  HKI   lewat  putusan   pengadilan (Yurisprudensi).

Aspek Hukum Masalah Lingkungan dan Tataruang

Kendala-kendala yang timbul dalam penegakan hukum  lingkungan, baik penegakan Hukum Lingkungan Administratif, Perdata, maupun Pidana; pendekatan ekonomi serta penggunaan instrumen-instrumen ekonomi seperti fasilitas perpajakan, bea masuk, audit lingkungan dan semua jenis insentif dan disinsentif ekonomi yang dapat diterapkan dalam upaya perlindungan lingkungan.

X