Silabus Magister Arsitektur

Mata Kuliah Wajib | Semester Ganjil-Genap

Tesis (AUW626) – 6 sks
Prasyarat: Riset : lulus AUW532, AUW542, AUW612; Desain : lulus AUW532, AUW562, AUW612, ADW526
Tesis Riset (alur research-oriented)Telaah teoritis mengenai suatu masalah lingkungan binaan dari sudut pandang alur (keahlian) yang dipilih dan penelitian ilmiah di bawah bimbingan dosen yang bidang keahliannya sesuai.Tesis Desain (alur design-oriented):

Penerapan telaah arsitektural melalui proses analisis (penelusuran masalah) dan sintesis (pemecahan masalah) suatu masalah lingkungan binaan; kajian penerapan praktek perencanaan/perancangan arsitektur mulai tahap gagasan desain, desain preliminari, pengembangan desain, penyiapan dokumen gambar kerja rinci, penyiapan spesifikasi bangunan, rencana anggaran biaya bangunan, pengawasan pelaksanaan pembangunan, sampai dengan pemeliharaan bangunan.

 

Mata Kuliah Wajib | Semester Ganjil

Metodologi Penelitian (AUW542) – 2 sks
Prasyarat:
Pemahaman aspek teknis dalam penelitian perencanaan dan perancangan lingkungan, mencakup prosedur penelitian, lingkup dan substansi penelitian, perencanaan waktu dan pembiayaan penelitian, mengumpulkan, merangkum dan mengolah data, pokok-pokok statistik terapan, menyusun dan menulis laporan proposal tesis, standar penulisan tesis.

Sejarah dan Teori Arsitektur (AUW552) – 2 sks
Prasyarat:
Pendalaman pemahaman perkembangan sejarah dan teori arsitektur mulai jaman purba, pertengahan, pencerahan, sampai dengan awal modern, baik pada skala global maupun regional dan lokal Indonesia. Pendalaman pemahaman perkembangan aliran-aliran arsitektur dunia sampai dengan gaya perwujudannya pada struktur dan bentuk bangunan hingga style ornamen bangunan.

 

Mata Kuliah Wajib | Semester Genap

Masalah Lingkungan Binaan (AUW532) – 2 sks
Prasyarat:
Perluasan wawasan dan pendalaman pemahaman tentang masalah-masalah pembangunan dan penataan fisik-spasial lingkungan binaan (perkotaan dan perdesaan) dari sudut pandang arsitektur; mampu mengidentifikasi dan menguraikan suatu permasalahan di bidang bangunan, arsitektur kota atau perumahan & permukiman/real estat, serta mampu merumuskan problema spesifik lingkungan binaan tersebut yang memerlukan penelitian untuk pemecahannya.

Metodologi Perancangan Arsitektur (AUW562) – 2 sks
Prasyarat:
Pendalaman pemahaman berbagai prinsip/pendekatan yang bekerja dalam proses perancangan lingkungan binaan, arsitektural dan mampu melakukan apresiasi terhadap proses perancangan yang melatarbelakangi suatu/berbagai karya arsitektur.

Proposal Tesis (AUW612) – 2 sks
Prasyarat: Telah menempuh AUW532, AUW542, AUW562
Pemahaman proses penyusunan proposal tesis; pembatasan topik penelitian dan perumusan masalah penelitian. Seminar tentang topik-topik, hipotesa, kerangka teoritik, metoda pengumpulan data, teknik analisa, dan rancangan penelitian untuk tesis yang dipilih. Pada akhir kuliah, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan proposal tesis atau rancangan penelitian.
X