Silabus

Mata Kuliah Wajib | Semester Ganjil-Genap

Seminar Bidang Kajian (SUW713) – 3 sks
Prasyarat:
Mahasiswa memilih topik pembahasan tertentu. Mempelajarinya baik melalui studi literatur maupun eksperimental. Kemudian mendokumentasikan pengetahuannya itu dalam bentuk makalah. Seminar dengan topik tersebut diselenggarakan dihadapan para penguji dan mahasiswa lainnya. Nilai diberikan berdasarkan penilaian penguji atas penguasaan materi dan kemampuan menjawab dari penyaji.

Studi Independen (SUE713) – 3 sks
Prasyarat:
(silabus masih kosong!)

Mekanika Kontinum (SSE713) – 3 sks
Prasyarat:
Analisis tensor, analisis tegangan, regangan, dan laju regangan; Aplikasi mekanika Newtonian pada media yang dapat berubah bentuk; Persamaan medan untuk mekanika fluida dan elastisitas.

Topik Lanjut Metode Elemen Hingga (SSE723) – 3 sks
Prasyarat:
Metode elemen hingga untuk media linier dan non linier; Analisis tegangan; Transfer panas; Dinamika fluida; Analisis vibrasi dan transient; Metode residual berbobot; Ketidak linieran material dan geometris; Metode iterasi non linier.

Analisis Tegangan Eksperimental Lanjut (SSE733) – 3 sks
Prasyarat:
Instrumentasi untuk dan aplikasi strain gages; Reduksi dan akuisisi data; Simulasi laboratorium untuk uji lapangan; Aplikasi dan desain transducer; Mekanika retak; Non destructive test (NDT); Tegangan sisa.

Variational and Energy Method (SGE713) – 3 sks
Prasyarat:
Tujuan: Memperoleh pengertian tentang aplikasi metode aplikasi dan energi untuk berbagai masalah rekayasa dan cara perumusan solusi dengan metode numerik.Pendahuluan; Kinetika; Kinematika; Prinsip thermodinamika; Persamaan Konstitutif; Masalah Nilai Batas pada Mekanika; Persamaan Batang, Balok, Torsi, dan elastisitas bidang; Konsep dasar kalkulus variasi; Kerja virtuil dan prinsip energi; Hamilton’s principle; Theorema Energi dalam mekanika struktur; The Ritz Method; Weighted Residual Methods; Aplikasi pada metode elemen hingga.

Hukum Konstitutif Lanjut (SGE723) – 3 sks
Prasyarat:
Review: model linear, model elastic-plastic sempurna, model elastic-plastic dengan isotropic hardening; Plasticity model I: model Mohr Coulomb, model Drucker-Prager; Plasticity model II: associative law (model CC, model MCC, model strain-softening), non associative law (model Ladd); Model visco-elastic.

Evaluasi Sistem Transportasi (STE713) – 3 sks
Prasyarat:
Tujuan : Memahami proses evaluasi suatu sistem transportasi, yang melibatkan berbagai macam konsep, metodologi, organisasi, politik, serta hal-hal lain yang ada, sehingga dapat menjelaskan proses evaluasi suatu sistem transportasi yang ideal bagi suatu kondisi, menerapkan teknik-teknik evaluasi sistem transportasi pada suatu perencanaan transportasi, merumuskan pendekatan yang bersifat komprehensif untuk melakukan suatu evaluasi sistem transportasi, membandingkan berbagai macam pendekatan untuk melakukan evaluasi sistem transportasi.Isi Mata Kuliah : Arti suatu sistem transportasi, Arti suatu proses evaluasi, Arti pendekatan sistem, Penjelasan yang komprehensif tentang suatu masalah/situasi transportasi, Permasalahan, Sasaran, dan Tujuan perencanaan, Usulan alternatif, Prinsip analisis ekonomi, Analisis biaya proyek, Analisis manfaat/biaya pengguna sistem transportasi, Analisis harga (Price Analysis), Analysis institusional/organisasional, Analisis finansial, Evaluasi komprehensif (Overall Evaluation), Partisipasi masyarakat, Pemantauan (Continuing Monitoring).

Analisis Risiko di Bidang Sumber Daya Air (SAE713) – 3 sks
Prasyarat:
Tujuan: memperdalam penguasaan dalam teknik statistik dan probabilitas dan aplikasinya untuk melakukan analisis resiko di bidang sumberdaya air. Konsep risiko dan ketidakpastian dalam permasalahan sumberdaya air; Gejala acak dan peristiwa acak dalam sumberdaya air; Merumuskan variabel acak yang terkait dalam masalah air; Fungsi distribusi dari variabel acak; Momen populasi; Statistik di bidang hidrologi dan sumberdaya air; Analisis frekuensi empiris dari variabel sumberdaya air; Metode untuk memperkirakan parameter dari fungsi distribusi; Fungsi-fungsi distribusi probabilitas yang biasa dipergunakan di bidang sumberdaya air; Batas keandalan; Goodness of fit tests; Masalah khusus dalam analisis data acak; Pengisian jaringan hidrologi; Aplikasi analisis resiko dalam perancangan bangunan air; Konsep dasar probabilitas dan statistik untuk masalah simulasi dari peramalan.

Aplikasi Komputer dalam Pengelolaan Sumber Daya Air (SAE723) – 3 sks
Prasyarat:
Memberikan dasar-dasar penerapan komputer untuk pengelolaan dan pengendalian sumberdaya air. Sistem pendukung pengambilan keputusan di bidang sumberdaya air; Pemodelan jaringan sistem sungai; Model simulasi dan optimasi; Pemrograman linier; Program LINDO; Pemrograman dinamis; Program CSUDP; Penggunaan spreadsheet untuk pemodelan sumberdaya air; Aplikasi pada pengoperasian waduk serbaguna; Metode optimasi pada waduk serbaguna; Aplikasi komputer untuk penjadwalan pembagian air irigasi.

Disertasi (SUW830) – 30 sks
Prasyarat:
(silabus masih kosong!)

 

X