Kurikulum

Mahasiswa yang terdaftar pada Program Studi Doktor untuk pertamakalinya, akan mempunyai seorang Wali Akademik yang ditetapkan oleh Kepala Program. Wali Akademik akan membantu mahasiswa merancang Rencana Studi.

Tahapan pendidikan Program Doktor Ilmu Teknik Sipil UNPAR, secara garis besar dapat dibedakan atas :

  • Tahap Pra-Doktoral, dimana mahasiswa mahasiswa wajib mengikuti kegiatan perkuliahan selama 2 semester pertama dengan jumlah minimum 12 sks, dan 3 sks diantaranya adalah Seminar Bidang Kajian. Bila dipandang perlu, Wali Akademik dapat menetapkan beberapa mata kuliah lain yang harus ditempuh mahasiswa, di luar dari jumlah minimum 12 sks di atas.
  • Tahap Doktoral. Setelah lulus ujian kualifikasi, maka pada tahap doktoral, mahasiswa menyusun usulan penelitian disertasi, menuliskan naskah disertasi, sampai ke mempertahankan disertasi. Termasuk dalam penyusunan disertasi adalah menyeminarkan hasil secara berkala dalam Seminar Kemajuan Penelitian.

Mata kuliah wajib adalah mata kuliah yang dipilih mahasiswa bersama dengan Wali Akademik di awal kegiatan akademik. Jumlah beban mata kuliah wajib ini minimum 12 sks. Mata kuliah yang dipilih dalam Rencana Studi dapat dipilih dari daftar mata kuliah yang disediakan dalam Program Studi. Dalam jumlah 12 sks tersebut mata kuliah tingkat 700 harus mencakup minimum 6 sks.

X