KULIAH UMUM “SERDADU BELANDA DI INDONESIA TAHUN 1945-1950”

knil group picture soldiers officer officers

Program Magister Ilmu Sosial bekerjasama dengan Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde (KITLV-KNAW) Jakarta dan Yayasan Pustaka Obor Indonesia menyelenggarakan Studium Generale (Kuliah Umum) berbasis buku “Serdadu Belanda di Indonesia tahun 1945-1950” karya Prof. Gert Oostindie, sekaligus sebagai pembicara dalam kuliah umum tersebut, dan sebagai Moderator, Dekan Fakultas Hukum, Dr. Tristam P. Moeliono, S.H., M.H., LL.M.

  DSC_0028 DSC_0055

Prof. Gert Oostindie merupakan Direktur dari Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde (KITLV-KNAW) Belanda, dan guru besar Sejarah dan Antropologi dari Universitas Leinden, Belanda, dan seorang penulis buku, dengan judul buku diantaranya adalah “Soldaat in Indonesië” (tahun 2015) dan “Postcolonial Netherlands” (tahun 2011).

images        132

Kuliah Umum ini menekankan Sejarah Indonesia di era kolonialisme Belanda pada tahun 1945-1950 dari sudut pandang dan perspektif yang berbeda yaitu dari kacamata pelaku dan serdadu Belanda, dimana kesaksian-kesaksian ini para tentara Belanda, dan makna perang yang terjadi pada era tersebut.

Dalam Kuliah Umum yang diselenggarakan di AULA (Lantai 1), Sekolah Pascasarjana, Universitas Katolik Parahyangan, Jl. Merdeka No. 30 Bandung, hadir pula kepala program studi Magister Ilmu Sosial, Gandhi Pawitan, Ph.D., yang berkesempatan memberikan Sambutannya dan membuka secara resmi kuliah umum tersebut. Turut hadir kepala program studi Doktor Ilmu Hukum dan Magister Ilmu Hukum, Dr. Sentosa Sembiring, S.H., M.H.

DSC_0050   Buku Serdadu

Dalam kesempatan tersebut diselenggarakan pameran buku, baik buku karya Prof. Gert Oostindie, dan buku-buku yang diterbitkan oleh Obor Indonesia. Peserta yang hadir mendapat kesempatan membeli buku-buku dengan harga khusus dan langsung ditanda tanganioleh penulisnya yaitu Prof. Gert Oostindie.

DSC_0060

X