Good Corporate Governance: Tingkatkan Daya Saing Perusahaan

Tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance) yang baik merupakan salah satu parameter penting bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi kinerja sebuah perusahaan. Hal ini tentu saja diiringi dengan pelaksanaan tanggungjawab sosial, lingkungan, bahkan modal intelek perusahaan terhadap khalayak. Selain itu, dalam kaitannya dengan pelaksanaan kegiatan organisasional dan operasional perusahaan, penerapan tata kelola yang baik dapat meningkatkan daya saing perusahaan serta menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang bagi para pemegang saham maupun pemangku kepentingan.

Nurdin, Kandidat Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kemudian melakukan penelitian bertajuk “Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Tanggungjawab Sosial, Tanggungjawab Lingkungan, dan Modal Intelektual Terhadap Keunggulan Bersaing dan Implikasinya Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Perkreditan Rakyat di Jawa Barat”.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik, pelaksanaan tanggungjawab sosial perusahaan, pelaksanaan tanggungjawab lingkungan perusahaan, pelaksanaan modal intelektual dan kaitannya dengan keunggulan bersaing dan kinerja keuangan. Adapun penelitian ini dilakukan pada sejumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang memiliki kantor pusat di Jawa Barat dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM).

Sidang Disertasi Terbuka Doktor Ilmu Ekonomi Unpar untuk penelitian ini akan diselenggarakan pada  Rabu, 15 Juni 2016 mendatang, pukul 15.30 bertempat di Aula Lantai 1, Gedung Sekolah Pascasarjana Unpar.

X