Beasiswa Unggulan, Studi Magister dengan Biaya Program Sarjana

Salah satu peran penting perguruan tinggi adalah beasiswa, yang bisa menjadi alat alat untuk mencetak individu unggulan yang berguna bagi perkembangan bangsa dan negara. Individu unggul yang berkualitas memungkinkan bangsa kita dapat disejajarkan dengan bangsa-bangsa lain. Hadirnya beasiswa memungkinkan individu unggul untuk dapat meraih pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi tenaga ahli dan profesional.

Sejak resmi berdiri pada 1955, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) terus berupaya memfasilitasi para calon mahasiswa dan mahasiswanya untuk mendapatkan pendidikan terbaik dan meraih jenjang pendidikan setinggi-tingginya. Melalui Badan Penggalang Dana Lestari (BPDL), Unpar secara konsisten menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dengan fokus pada penyediaan dan pemberian beasiswa terhadap para mahasiswa berprestasi.

Beasiswa diberikan dengan beberapa tujuan seperti untuk menunjang pendidikan bagi mahasiswa yang berprestasi serta mendorong dan memotivasi para mahasiswa dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi dirinya, tetapi juga pada lingkungan sekitarnya. Beasiswa terutama diberikan kepada mereka yang secara ekonomi kurang mampu.

Secara khusus, Unpar kini menawarkan Program Beasiswa Unggulan Program Magister yang menjadi salah satu bukti kepedulian Unpar terhadap mahasiswanya. Program beasiswa ini ditujukan untuk membantu mahasiswa unggulan lulusan (fresh gradtuate) Program Sarjana (S1) Unpar agar dapat melanjutkan studi ke jenjang Magister (S2) Unpar.

Tercermin dari nama program beasiswa ini, unggulan, yang dimaksudkan untuk menjaring mahasiswa berprestasi dan unggulan yang berminat melanjutkan studinya di Program Magister Unpar, yang linier dengan Program Sarjana; memberikan kesempatan bagi alumni Program Sarjana Unpar yang memiliki keterbatasan dalam hal finansial untuk melanjutkan studi di tingkat Magister; serta meningkatkan mutu pendidikan pascasarjana baik mutu pembelajaran maupun penelitian.

Syarat

Bagi mereka yang ingin mengajukan atau mengikuti seleksi Beasiswa Unggulan Program Magister ini harus dapat memenuhi beberapa persyaratan, yakni memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) akhir minimal 3.25, memiliki skor TOEFL minimal 550, dan mendapatkan rekomendasi dari dosen wali akademik yang disetujui oleh Ketua Program Studi Sarjana.

Pendaftaran dapat diajukan ketika masih berada pada semester 7 atau semester 8, meski studi program magisternya dimulai setelah menyelesaikan studi program sarjana. Bagi yang memenuhi persyaratan, mahasiswa penerima program beasiswa ini akan membayar biaya kuliah yang nominalnya sama dengan biaya studi (SKS) pada jenjang S1; serta bebas dari biaya registrasi tiap semester, kecuali biaya registrasi awal masuk program magister. Lulusan program sarjana pada satu semester terakhir juga bisa mendaftar untuk mendapatkan program beasiswa unggulan.

Tentunya program unggulan ini akan sangat menguntungkan para mahasiswa. Hal itu karena dalam rentang waktu 5 hingga 5,5 tahun mahasiswa sudah bisa mendapat gelar S-1 dan S-2 sekaligus dengan studi di Unpar.

Sebanyak 9 pilihan program magister (S-2) yang saat ini Unpar selenggarakan, yaitu Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum, Magister Teknik Sipil, Magister Arsitektur, Magister Ilmu Sosial, Magister Ilmu Teologi, Magister Teknik Kimia, Magister Teknik Industri, dan Magister Hubungan Internasional. Untuk penyelesaian studi magisternya, mahasiswa dipersyaratkan membuat thesis S-2-nya sesuai atau sejalan dengan skripsi S1-nya.

Akreditasi dan kredibilitas program S2 Unpar yang berada dibawah naungan Sekolah Pascasarjana Unpar sudah tidak diragukan lagi. Banyak alumnus Sekolah Pascasarjana Unpar yang sukses di bidangnya setelah lulus dari Unpar.

Hal ini sesuai dengan visi dan misi yang diusung Sekolah Pascasarjana Unpar, yaitu membuat komunitas akademik humanum tingkat pascasarjana yang bersemangat kasih dalam kebenaran untuk mengembangkan berbagai potensi dan kearifan lokal menuju tataran internasional demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan.

Visi tersebut sesuai dengan sesanti Unpar Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti, untuk menghasilkan lulusan yang  memiliki kompetensi dalam bidang ilmu yang dipilihnya, memiliki kepribadian  yang unggul, wawasan yang luas, sikap terbuka, serta semangat mengabdikan diri bagi kepentingan masyarakat, khususnya bagi mereka yang tersisih, dan visi lainnya.

Penyediaan beasiswa menjadikan Unpar sebagai perguruan tinggi yang unggul sekaligus peduli terhadap kelanjutan pendidikan mahasiswanya serta bertanggung jawab menghasilkan lulusan yang kompeten dan memiliki daya saing. [*]

 

Sumber: Kompas – Griya Ilmu (Selasa, 19 April 2016)

X