Non Reguler

Mahasiswa Non-Reguler merupakan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran di  mata kuliah tertentu  tanpa melalui seleksi calon mahasiswa baru.  Mahasiswa non reguler tidak dapat memperoleh gelar Magister ataupun Doktor, dan hanya berhak mengikuti pembelajaran dan evaluasi dalam mata kuliah yang diikutinya.

Kesertaan sebagai mahasiswa non reguler dalam mata kuliah tertentu harus  dimohonkan kepada  Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan melalui pengisian formulir (Formulir Magister dan  Formullir Doktor) yang dilengkapi dengan Surat tertulis dari mahasiswa yang bersangkutan untuk keperluan tersebut pada masa pengisian FRS   di  awal semester.  Izin   kesertaan  diberikan berdasarkan  penyelenggaraan mata kuliah tersebut  bagi mahasiswa reguler, ketersediaan tempat, dan pelunasan semua biaya yang harus dibayarkan sesuai ketentuan.

Mahasiswa non reguler tidak dapat menambah, mengurangi, ataupun mengubah mata kuliah yang dipilih untuk diikutinya. Dengan kata lain, mahasiswa non reguler tidak dapat melakukan perubahan rencana studi. Kekecualian untuk hal ini  adalah apabila mata kuliah yang diikutinya ternyata  dibatalkan  pelaksanaannya,   maka  mahasiswa  non  reguler tersebut harus membatalkan keikutsertaan dalam mata kuliah tersebut dan yang bersangkutan berhak memperoleh kembali biaya sks yang telah dibayarkan untuk menempuh mata kuliah tersebut.

Mahasiswa non reguler yang berhasil lulus dengan nilai A, B, atau C dari mata kuliah yang diikutinya akan menerima bukti keberhasilan penyelesaian (sertifikat). Sertifikat tersebut dapat digunakan untuk bukti permintaan alih kredit bila mahasiswa non reguler menjadi mahasiswa reguler.

Permohonan tersebut diajukan jika memenuhi persyaratan minimum berikut:

  • Telah menjadi mahasiswa non reguler maksimum dua semester;
  • Lulus sedikitnya 12 sks pada kurikulum program magister yang akan diikutinya dengan indeks prestasi  12 sks yang terbaik mencapai sedikitnya 3,50;
  • Tidak pernah mendapatkan nilai D atau E selama mengikuti program non reguler.

Formulir Pendaftaran mahasiswa Non Reguler: Formulir Pendaftaran Non Reguler

X